Rute Perjalanan ke Labuan Bajo, Berangkat dari Makassar

rute perjalanan ke labuan bajo
Rute Perjalanan ke Labuan Bajo, Berangkat dari Makassar

 

Anda punya rencana untuk berlibur ke Labuan Bajo? Selain persiapan matang, mengetahui rute perjalanan ke Labuan Bajo juga jadi hal penting sebelum keberangkatan. Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata paling indah di Indonesia sehingga jadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sebagai tempat wisata, tentu akses transportasi bisa dilakukan dari mana saja. Untuk Labuan Bajo sendiri bisa ditempuh menggunakan jalur darat dan laut juga udara. Dengan mengetahui rute dapat dipastikan  perjalanan akan semakin mudah. Berikut ini rute perjalanan yang akan Anda tempuh jika berangkat dari Makassar.

Rute Perjalanan ke Labuan Bajo dari Makassar Jalur  Laut

Ada banyak cara pergi ke Labuan Bajo, salah satunya menggunakan jalur laut. Kali ini akan dipaparkan mengenai rute perjalanan ke Labuan Bajo bagi Anda yang berangkat dari Makassar dan sekitarnya. Bagi Anda yang hendak berlibur ke Labuan Bajo dengan backpacker atau mengikuti open trip bisa menempuh rute ini.

Makassar dan Labuan Bajo dipisahkan oleh Laut Flores sehingga kapal jadi moda transportasi utama. Perjalanan dimulai dari Pelabuhan Soekarno-Hatta yang ada di Kecamatan Wajo, Kota Makassar. Terdapat dua kapal dengan tujuan Labuan Bajo yaitu kapal Binaiya dan kapal Leuser.

Apabila Anda menggunakan Kapal Binaiya maka terdapat dua versi rute perjalanan. Versi pertama dari Makassar langsung menuju Labuan Bajo dan versi kedua Makassar transit di pelabuhan Bima (Sumbawa) baru ke Labuan Bajo. Untuk harga tiketnya sendiri lebih murah jika Anda memilih transit ke pelabuhan Bima.

Kapasitas kapal Binaiya ini cukup besar, dalam sekali jalan bisa mengangkut sebanyak 970 orang. Kapal ini merupakan buatan Jerman yang terbagi ke dalam 3 kelas penumpang yakni kelas I berjumlah 14 penumpang, kelas II berjumlah 40 penumpang, dan kelas ekonomi berjumlah 916 penumpang.

Selain itu, Anda bisa menggunakan kapal Leuser yang berlayar 1 sampai 2 kali dalam sebulan tergantung kondisi cuaca. Kapal ini melewati berbagai rute salah satunya Makassar menuju Labuan Bajo. Kapal Leuser juga produk Jerman yang mampu menampung hingga 970 penumpang.

Kapal Leuser juga dibagi ke dalam 3 kelas yakni untuk kelas I berkapasitas sebanyak 14 penumpang, kelas II berkapasitas 40 penumpang, dan kelas ekonomi dengan kapasitas 916 penumpang. Perjalanan menggunakan kapal memang cukup melelahkan sehingga Anda perlu menjaga fisik agar tetap sehat sampai tempat tujuan.

Cara Berangkat ke Labuan Bajo dari Makassar Jalur Udara

Anda juga bisa menempuh rute perjalanan ke Labuan Bajo jalur udara melalui Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin. Bandara ini berada di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Perjalanan udara dari Makassar menuju Labuan Bajo menggunakan maskapai seperti Citilink, Lion, dan Batik Air.

Maskapai Citilink akan transit di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai sebelum sampai di Bandar Udara Internasional Komodo. Sementara itu, maskapai Lion akan transit di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai lalu berganti Wings Abadi Airlines menuju Labuan Bajo. Ada Batik Air yang transit di Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta sebelum sampai di Bandar Udara Internasional Komodo.

Sebagai tempat wisata paling populer yang ada di Indonesia, Labuan Bajo memang pantang dilewatkan. Tentunya Anda butuh persiapan matang sebelum sampai di Labuan Bajo mulai dari transportasi sampai destinasi yang akan dikunjungi.

Tapi, jangan khawatir karena travel agent Flores Holiday akan membantu perjalanan wisata Anda jadi lebih mudah. Jangan ragu, langsung saja hubungi kami dan rencanakan perjalanan Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
ABOUT AUTHOR

Flores Holiday

PT. Flores Holiday Indonesia menyajikan paket liburan yang exclusive dan berkesan. Dan Flores memang tempat ideal untuk tempat liburan. Bentangan alam yang cantik dan budaya yang masih terasa.

RECENT POSTS
1